Analisis Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Menggunakan Pls-Sem (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Shopee Di Kabupaten Indramayu Tahun 2021)
Abstract
Teknologi komunikasi dan informasi menunjukkan perkembangan yang
sangat pesat. Adanya peningkatan pengguna internet sangat berdampak pada
peluang bisnis yang semakin besar. Salah satu peluang dari munculnya era digital
dalam bidang bisnis disebut dengan e-commerce. E-commerce merupakan motor
penggerak dari ekonomi berbasis digital dan tingginya petumbuhan e-commerce
juga sangat dipengaruhi pandemi Covid-19. Salah satu e-commerce di Indonesia
yang paling populer adalah Shopee yang merupakan platform paling sering
digunakan untuk berbelanja selama akhir tahun 2021. Berdasarkan hal tersebut,
maka diperlukan penelitian terkait analisis faktor-faktor keputusan pembelian
pada e-commerce Shopee yang terdiri dari harga, promosi, kenyamanan, dan
kepercayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partial
Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Analisis data
menggunakan PLS-SEM berfungsi untuk menjelaskan hubungan antar variabel
laten dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh
dari kuesioner kepada 384 responden terhadap pengguna aplikasi Shopee di
Kabupaten indramayu tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dan signifikansi antara harga, promosi, kenyamanan, dan kepercayaan
terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa harga, promosi, kenyamanan, dan kepercayaan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee.
Collections
- Statistics [900]