Hubungan Aktivitas Belajar Kimia Dan Literasi Media Digital Peserta Didik Sman 2 Ngaglik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas
belajar kimia dan literasi media peserta didik di SMAN 2 Ngaglik. Penelitian ini
merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMAN 2
Ngaglik yang mendapatkan mata pelajaran kimia, yaitu 9 kelas terdiri dari 3 kelas
X, 3 kelas XI, dan 3 kelas XII. Sampel penelitian sebanyak 61 peserta didik yang
terdiri dari 2 kelas X dan 2 kelas XI . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
pusposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik non tes dalam
bentuk angket aktivitas belajar kimia dan literasi media digital. Data dianalisis
dengan uji korelasi. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat berupa uji
normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi
Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang
signifikan antara aktivitas berlajar kimia dan literasi media digital peserta didik di
SMAN 2 Ngaglik dengan nilai signifikansi sebesar 0,317.
Collections
- Chemistry Education [324]