Konsep Mengajar Perspektif Kitab Ushūl Al-Tarbiyah Wa Al-Ta'līm Karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. Dkk. Relevansinya Dengan Pembelajaran Kontemporer
Abstract
Agar segala kegiatan berjalan dengan sistematis dan lancar,dibutuhkan
suatu perencanaan yang mudah dipahami dan dimengerti. Perencanaan yang
matang menambah kualitas dari kegiatan tersebut. Di dalam perencanaan kegiatan
yang matang tersebut terdapat suatu gagasan atau ide yang akan dilaksanakan atau
dilakukan oleh kelompok maupun individu tertentu, perencanaan tadi bisa
berbentuk sebuah peta konsep. Terdapat banyak fungsi dari sebuah konsep, tetapi
pada dasarnya konsep memiliki fungsi yaitu mempermudah seseorang dalam
memahami suatu hal. Guru merupakan unsur yang penting dalam presos
pembelajaran, materi, sumber belajar, metode, sarana dan prasarana, serta
komponen pembelajaran juga merupakan sesuatu yang penting bagi guru maupun
peserta didik. Keberhasilan guru dalam mengajar bisa dilihat dari tingakat
pemahaman peserta didk terhadap apa yang disampaikan oleh seorang guru, tidak
hanya itu kemampuan guru dalam menciptakan suasan belajar yang bervariasi,
aktif, dan tidak membosankan juga menjadi faktor keberhasialan dalam proses
pembelajaran. Ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu ruhul mudaris. Karena
jiwa guru itu penting untuk membentuk guru seutuhnya.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep mengajar prespektif
kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk.
relevansinya dengan pembelajaran kontemporer. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yang bersifat studi pustaka (library Research) untuk mendapatkan hasil
penelitian yang valid maka penulis memerlukan sleksi sumber, baik sumber primer
maupun sumber sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalalah kitab
Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk.
Sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku, karya ilmiah yang relevan
dengan apa yang penulis teliti.
Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya relevansi antara
Konsep mengaar dalam kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno
Ahmad, Dipl. A. dkk dengan pembelajaran kontemporer. Dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut : Konsep Mengajar Prespektif Kitab Ushūl al-Tarbiyah
wa al- Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk yaitu pendahuluan atau
pembukaan, penyampaian/presentasi, menghubungkan, kesimpulan, dan aplikasi.
Relevansinya dengan Pembelajaran Kontemporer yaitu orientasi (pendahuluan atau
pembukaan), elisitasi (penyampaian atau presentasi), restrukturisasi
(menghubungkan), penggalian ide (kesimpulan, dan review (aplikasi).
Collections
- Islamic Education [864]