Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Muzhoffar Akhwan, MA
dc.contributor.authorRAHMAN ABDI JAYA
dc.date.accessioned2022-11-03T06:58:35Z
dc.date.available2022-11-03T06:58:35Z
dc.date.issued2022-07-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40187
dc.description.abstractAgar segala kegiatan berjalan dengan sistematis dan lancar,dibutuhkan suatu perencanaan yang mudah dipahami dan dimengerti. Perencanaan yang matang menambah kualitas dari kegiatan tersebut. Di dalam perencanaan kegiatan yang matang tersebut terdapat suatu gagasan atau ide yang akan dilaksanakan atau dilakukan oleh kelompok maupun individu tertentu, perencanaan tadi bisa berbentuk sebuah peta konsep. Terdapat banyak fungsi dari sebuah konsep, tetapi pada dasarnya konsep memiliki fungsi yaitu mempermudah seseorang dalam memahami suatu hal. Guru merupakan unsur yang penting dalam presos pembelajaran, materi, sumber belajar, metode, sarana dan prasarana, serta komponen pembelajaran juga merupakan sesuatu yang penting bagi guru maupun peserta didik. Keberhasilan guru dalam mengajar bisa dilihat dari tingakat pemahaman peserta didk terhadap apa yang disampaikan oleh seorang guru, tidak hanya itu kemampuan guru dalam menciptakan suasan belajar yang bervariasi, aktif, dan tidak membosankan juga menjadi faktor keberhasialan dalam proses pembelajaran. Ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu ruhul mudaris. Karena jiwa guru itu penting untuk membentuk guru seutuhnya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep mengajar prespektif kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk. relevansinya dengan pembelajaran kontemporer. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library Research) untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid maka penulis memerlukan sleksi sumber, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalalah kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku, karya ilmiah yang relevan dengan apa yang penulis teliti. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya relevansi antara Konsep mengaar dalam kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al-Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk dengan pembelajaran kontemporer. Dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Konsep Mengajar Prespektif Kitab Ushūl al-Tarbiyah wa al- Ta’līm karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. dkk yaitu pendahuluan atau pembukaan, penyampaian/presentasi, menghubungkan, kesimpulan, dan aplikasi. Relevansinya dengan Pembelajaran Kontemporer yaitu orientasi (pendahuluan atau pembukaan), elisitasi (penyampaian atau presentasi), restrukturisasi (menghubungkan), penggalian ide (kesimpulan, dan review (aplikasi).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectConcepten_US
dc.subjectmengajaren_US
dc.subjectdan Pendidikan Kontemporeren_US
dc.titleKonsep Mengajar Perspektif Kitab Ushūl Al-Tarbiyah Wa Al-Ta'līm Karya Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl. A. Dkk. Relevansinya Dengan Pembelajaran Kontemporeren_US
dc.Identifier.NIM17422082


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record