Penerapan Model Pembelajaran Stad Pada Materi Reduksi Dan Oksidasi Terhadap Prestasbelajar Peserta Didik Kelas X Di Smait Darul Qur`An Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dialukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division
(STAD) dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta
didik kelas X di SMAIT Darul Qur’an Bogor tahun pelajaran 2020/2021 pada materi
Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik yang berjumlah 120 peserta didik kelas X IPA Darul Quran Mulia tahun
ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPA 1
sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas X IPA 2 sebagai
kelas eksperimen yang terdiri dari 30 peserta didik. Desain penelitian adalah Quasi
Experimental Design dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini yaitu dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan Statistika Parametrik uji Independent Sample T- Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara
model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model
pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar di SMAIT Darul Qur`an
Bogor.
Collections
- Chemistry Education [324]