Analisis Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Buya Hamka Di Mtsn 9 Sleman
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menciptakan ilmu
pengetahuan yang memperoleh pengetahuan tentang budi pekerti agar peserta didik
dapat meningkatkan kemampuannya untuk memiliki daya keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, individu mulia dan bakat yang
diinginkan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Beberapa cara yang
dilakukan guru MTsN 9 Sleman dalam pelaksanaan pendidikan akhlak siswa adalah
dengan membentuk karakter yang baik pada diri setiap siswa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui Analisis Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Buya Hamka di
MTsN 9 Sleman
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptifkualitatif.
Jenis
pengumpulan
data
dalam
penelitian
ini
adalah
metode
deskriptif.
Informan
penelitian
ini
adalah
guru
PAI
di
MTsN
9
Sleman.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan teknik wawancara. Dengan kebsahan data menggunakan,
triangulasi 3 strategi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi
waktu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menurut Prof. Dr. Hamka yang
ikut bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan akhlak Islam adalah orang
tua, guru, dan masyarakat. Pendidikan akhlak di MTsN 9 Sleman menerapkan
melalui pembelajaran disekolah, khususnya interaksi guru dengan siswa untuk
membekali sekolah dan mencapai tujuan akademik. (2) Pendukung pelaksanaan
pendidikan akhlak adalah guru yang bertanggung jawab mendidik akhlak siswa,
melibatkan keluarga dan lingkungan masyarakat berperan aktif dalam mendidik
akhlak dan mengontrol anak dirumah. Kemudian faktor penghambatnya adalah
karakter siswa yang beragam, penyalahgunaan teknologi, dan lingkungan keluarga
dan masyarakat yang kurang kondusif. Solusinya guru tetap bekerja sama dengan
keluarga untuk selalu mendidik akhlak siswa, dan memberikan motivasi kepada
siswa untuk tetap memegang teguh ajaran agama dan selalu mengamalkan akhlak
yang terpuji.
Collections
- Islamic Education [862]