Pengaruh Green Marketing Dan Label Halal Terhadap Green Purchase Intention Pada Produk Kecantikan (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Love Beauty And Planet Di D.I Yogyakarta)
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir isu kerusakan lingkungan menjadi perhatian banyak
pihak, dari segi perekonomian banyak perusahaan yang mulai mengusung konsep
hijau . Dengan memperkenalkan konsep green marketing yang dinilai cocok untuk
konsumen karena proses produksi dimulai dari pemilihan bahan, kemasan dan
proses pemasaran tetap memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Hal ini
diharapkan dapat memicu konsumen untuk mulai beralih menggunakan produk
industri hijau yang lebih ramah lingkungan. Di bidang industri kecantikan sudah
banyak yang menerapkan konsep green marketing dengan memproduksi produk
hijau bagi konsumen. Karena segmen pasar yang terus berkembang, produsen
dituntut untuk lebih inovatif dan kompetitif dengan memperhatikan faktor
pendukung seperti penggunaan labelisasi halal pada kemasan produk agar
konsumen muslim juga semakin percaya bahwa produk kecantikan tersebut aman
digunakan dan dapat memicu peningkatan niat beli hijau bagi konsumen.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang pengaruh green
marketing dan label halal terhadap green purchase intention pada pengguna produk
Love Beauty and Planet di D.I Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh green marketing dan label halal terhadap green purchase
intention produk Love Beauty and Planet oleh konsumen di D.I Yogyakarta.
Populasi penelitian ini adalah pengguna produk Love Beauty and Planet yang
berusia antara 17-40 tahun, serta sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel
menggunakan metode non probability sampling. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi berganda karena terdapat lebih dari satu variabel bebas
seperti green marketing dan label halal. Dari hasil penelitian menggunakan uji T
(parsial) menunjukan bahwa variabel green marketing berpengaruh terhadap green
purchase intention, sedangkan label halal tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap green purchase intention. Hasil penelitian menggunakan uji F (simultan)
menunjukan bahwa green marketing dan label halal secara simultan berpengaruh
terhadap green purchase intention produk kecantikan Love Beauty and Planet di
D.I Yogyakarta
Collections
- Islamic Economics [827]