Strategi Bertahan Event Organizer Pada Saat Pandemi Covid-19prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Cv. Flazh Production Yogyakarta)
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang menghancurkan aspek-aspek
kehidupan, salah satunya di bidang perekonomian. Pelaku sebuah usaha
memerlukan adanya strategi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi bertahan Event Organizer selama masa
pandemik Covid-19 pada CV. Flazh Production menurut prespektif etika bisnis
islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan analisis data
yang dilakukan melalui wawancara bersama pelaku usaha CV. Flazh Production.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian CV. Flazh Production yang
menerapakan strategi penciutan, permapingan, pemasaran media online dan juga
strategi produksi baru virtual production. Etika dalam bisnis Islam sudah
keseluruhan sudah cukup baik dalam pelaksanaanya namun, ada hal yang belum
sesuai dari elemen etika bisnis yakni perusahaan memutus hak kerja pada karyawan
karena adanya strategi produksi baru yang diterapkan dengan demikian tidak sesuai
dengan seperti yang sudah dianjurkan dalam etika berwirausaha yakni seperti unsur
tolong menolong dalam berbisnis terlebih pada apa yang sudah dirawat dan dimiliki
oleh perusahaan.
Collections
- Islamic Economics [827]