Strategi Bertahan Aleta Leather Bag Dan Totally Hijab Yogyakarta Selama Masa Pandemi Covid-19 Menurut Pandangan Etika Bisnis Islam
Abstract
Pandemi yang muncul pada tahun 2019 memiliki dampak yang besar pada
perekonomian, terutama bagi para pelaku usaha yang terdampak dari adanya
perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang
digunakan oleh Aleta Leather Bag dan Totally Hijab Yogyakarta selama masa
pandemi serta melihat sudut pandang strategi bisnis yang digunakan dalam
pandangan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu
metode penelitian kualitatif, analisis data yang dilakukan yaitu berupa wawancara,
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merekomendasikan strategi
bertahan yang fleksible, yaitu dengan mengidentifikasi berbagai aspek seperti,
memanfaatkan media sosial, e-commerce, dan media digital sebagai media dagang
atau promosi, menciptakan strategi baru yang sesuai dengan kondisi selama masa
pandemi, memperbaiki kualitas layanan produk, serta menjalin dan
mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan. Etika Bisnis Islam yang diterapkan
oleh Aleta Leather bag dan Totally Hijab Yogyakarta dalam mengimplentasikan
startegi bertahan seperti menerapkan kejujuran, tolong menolong, tidak melakukan
tadlis (penipuan), tidak berpura-pura melakukan penawaran untuk menaikkan
harga, berbisnis dengan suka rela tanpa adanya paksaan, dan menghindari riba.
Collections
- Islamic Economics [826]