Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Kspps Inti Muamalat Bandungan (Studi Anggota Simpanan Wadiah Sukarela Lancar)
Abstract
Market share lembaga keuangan syariah sampai saat ini tergolong masih rendah
dan masih kalah jauh dibandingkan dengan lembaga konvensional. Hal tersebut
dapat dilihat dari peningkatan atau penurunan jumlah anggota menabung. Terlebih
lagi pada masa pandemi pendapatan masyarakat tentunya mengalami penyusutan,
sehingga simpanan di lembaga keuangan syariah juga akan terkena imbasnya. Oleh
karena itu, perusahaan harus mampu mengoptimalkan strategi yang lebih baik,
sehingga anggota yang menyimpan dana di salah satu lembaga keuangan syariah
selalu meningkat dan tetap berpihak kepada perusahaan . Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Islami dan pengetahuan produk
terhadap keputusan anggota menabung di KSPPS Inti Muamalat Bandungan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif yaitu dengan
menyebarkan kuesioner kepada sampel penelitian sebanyak 100 responden atau
anggota yang menabung pada simpanan sukarela lancar di KSPPS Inti Muamalat
Bandungan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Selanjutnya data penelitian ini dianalisis dengan IBM SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang sudah dilakukan maka diketahui
bahwa secara parsial kualitas pelayanan Islami memiliki pengaruh signifikan
terhadap keputusan anggota menabung, pengetahuan produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan anggota menabung, serta kualitas pelayanan Islami
dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan anggota menabung di KSPPS Inti Muamalat Bandungan.
Collections
- Islamic Economics [828]