Pemanfaatan Aplikasi Aksi (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 4 Di Sd Negeri Ngringin
Abstract
Rendahnya minat literasi akan berpengaruh pada kualitas sumber daya
manusia. Hal ini disebabkan perkembangan dunia yang semakin maju tentu akan
menuntut manusia untuk memiliki kualitas diri yang lebih baik lagi. Literasi
bukan hanya membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan memahami dan
menganalisis terhadap sesuatu bacaan. Sehingga upaya untuk meningkatkan
kemampuan literasi siswa harus terus dilakukan, salah satunya dengan
memanfaatkan media pembelajaran berupa aplikasi AKSI. Aplikasi AKSI
merupakan modul Asessment literasi dan numerasi yang dapat digunakan oleh
guru atau pendamping belajar untuk mendiagnosa level capaian kompetensi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai
upaya dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada setiap proses
pembelajaran.
Penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD
Negeri Ngringin, guru kelas, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa
pemanfaatan aplikasi AKSI untuk meningkatkan kemampuan literasi.Teknik
pemilihan informan menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sumber
berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AKSI di SD
Negeri Ngringin mendapatkan respon yang baik dari pihak sekolah dan
pelaksanaan penggunaan dilakukan secara bertahap karena pada situasi dan
kondisi yang masih dimasa pandemi. Selain itu penggunaan aplikasi AKSI ini
juga memberikan pengaruh terhadap tingkat kemampuan literasi siswa yaitu
pada sasaran literasi numerasi serta pada tujuan literasi. Selain itu juga
memberikan pengaruh tehadap semangat dan motivasi siswa dalam belajar
literasi karena penggunaan aplikasi AKSI yang mudah dan juga sistem aplikasi
yang menarik sehingga siswa tidak merasa bosan.
Collections
- Islamic Education [864]