Model Pendidikan Akhlak Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sma N 1 Ajibarang Banyumas
Abstract
Disrupsi zaman dan kemajuan peradaban di dunia saat ini ternyata tidak selalu
berimplikasi positif. Salah satu indikatornya adalah adanya kemerosotan akhlak di
kalangan peserta didik. Dekadensi akhlak seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas,
dan sikap tidak terpuji menjadi perhatian serius bagi dunia pendidikan nasional.
Terlebih, sejak Kemdikbud RI merilis Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang
pencegahan COVID-19 dan kebijakan berupa pemberlakuan pembelajaran daring pada
seluruh satuan pendidikan. Kurangnya penanaman sikap (afektif) sekaligus pembiasaan
(psikomotorik) pada peserta didik juga disinyalir menjadi faktor penyebab terjadinya
dekadensi moral. Untuk itu diperlukan upaya penerapan pendidikan akhlak pada
peserta didik, khususnya dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis model pendidikan akhlak pada peserta didik dalam pembelajaran
daring di SMA N 1 Ajibarang Banyumas
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek
penelitian ini mengenai model pendidikan akhlak pada peserta didik dalam
pembelajaran daring di SMA N 1 Ajibarang. Teknik penentuan informan penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dengan cara koleksi data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pendidikan akhlak pada peserta
didik saat pembelajaran daring melalui model pembiasaan dan keteladanan yang
dikemas dalam kegiatan rutinan 30 menit bersama SMANA. Adapun pelaksanaan
pendidikan akhlak dalam pembelajaran di SMA N 1 Ajibarang yaitu melalui kegiatan
intrakurikuler seperti pengajaran dan penegakan tata tertib pembelajaran daring dan
ekstrakurikuler seperti OSIS, Pramuka, Rohis. Sedangkan kendala yang dihadapi yaitu
keterbatasan interaksi dan pengawasan guru kepada peserta didik dan peserta didik
pasif dalam pembelajaran daring.
Collections
- Islamic Education [866]