Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Tatap Muka Terbatas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn Karanganyar Turi (Studi Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pai)
Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas adalah model pembelajaran yang
dilakukan dengan skala yang terbatas, suatu sistem yang digunakan sebagai solusi
dari permasalahan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.
Mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan pembalajaran tatap muka
terbatas terhadap prestasi belajar siswa di SDN Karanganyar Turi, 2. Mengetahui
apakah terdapat pengaruh positif dari pelaksanaan pembelajaran tatap muka
terbatas terhadap prestasi belajar siswa di SDN Karanganyar Turi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN Karanganyar Turi. Objek penelitian ini adalah
pelaksanaan model pembelajaran tetap muka terbatas. Teknik yang digunakan
dalam menentukan subjek adalah teknik purposive sampling, dimana peneliti
menentukan kriteria untuk pengambilan subjek. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Sebelum melakukan
analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan uji
validitas dan reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan linieritas. Metode analisis
yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Terdapat pengaruh positif dan
signifikansi antara pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas
terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukan dengan nilai signifikansi pada uji F
sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai !!"#$%& 10,491 > !#'()* 4,38, dan nilai R Square
sebesar 0,368, artinya terdapat pengaruh positif sebesar 36,8%. 2. Pelaksanaan
PTMT berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, yaitu: perubahan sikap
siswa menjadi lebih baik, meningkatnya kreativitas siswa, meningkatnya keaktifan
siswa, dan meningkatnya pemahaman siswa.
Collections
- Islamic Education [863]