Implementasi Evaluasi Non Tes Dalam Menilai Peserta Didik Di Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam (Salam) Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Evaluasi pendidikan di Indonesia biasanya menggunakan teknik tes, teknik
ini banyak menilai aspek pada peserta didik, sedangkan aspek afektif dan
psikomotorik dilakukan dengan teknik evaluasi non tes. Namun teknik evaluasi tes
belum seutuhnya dapat mengidentifikasikan hasil dari perkembangan peserta didik
dan penggunaan teknik evaluasi non tes yang masih minim pengembangan.
Masalah ini menjadi dasar peneliti untuk mengetahui penggunaan teknik evaluasi
non tes dalam menilai aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif peserta didik di SD
SALAM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif. Dalam
mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis
reduksi data, yaitu dengan merangkum implementasi teknik non tes yang ada di SD
SALAM. Penyajian data yaitu dengan menggabungkan informasi mengenai
penelitian sehingga dapat dipahami dengan mudah. Verifikasi data dilakukan
untuk menguji kesimpulan yang telah dibuat dengan membandingkan dengan teoriteori
yang
ada.
Hasil dari penelitian ini adalah aspek-aspek yang dinilai melalui teknik
evaluasi non tes meliputi aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Selanjutnya,
aspek-aspek tersebut dinilai melalui beberapa bentuk evaluasi non tes yang di
antaranya adalah wawancara, pengamatan, studi kasus, presentasi riset,
portofolio, dan diskusi publik. Evaluasi non tes yang dilaksanakan di SD SALAM
telah efektif digunakan oleh fasilitator dan peserta didik yang tidak pernah
dihadapkan oleh mata pelajaran dan ujian menjadi antusias sekaligus menjadi
manusia kritis.
Collections
- Islamic Education [863]