Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorANISA NUGRAHENING PINASTI
dc.date.accessioned2022-10-07T03:55:01Z
dc.date.available2022-10-07T03:55:01Z
dc.date.issued2022-07-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39874
dc.description.abstractEvaluasi pendidikan di Indonesia biasanya menggunakan teknik tes, teknik ini banyak menilai aspek pada peserta didik, sedangkan aspek afektif dan psikomotorik dilakukan dengan teknik evaluasi non tes. Namun teknik evaluasi tes belum seutuhnya dapat mengidentifikasikan hasil dari perkembangan peserta didik dan penggunaan teknik evaluasi non tes yang masih minim pengembangan. Masalah ini menjadi dasar peneliti untuk mengetahui penggunaan teknik evaluasi non tes dalam menilai aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif peserta didik di SD SALAM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, yaitu dengan merangkum implementasi teknik non tes yang ada di SD SALAM. Penyajian data yaitu dengan menggabungkan informasi mengenai penelitian sehingga dapat dipahami dengan mudah. Verifikasi data dilakukan untuk menguji kesimpulan yang telah dibuat dengan membandingkan dengan teoriteori yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah aspek-aspek yang dinilai melalui teknik evaluasi non tes meliputi aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Selanjutnya, aspek-aspek tersebut dinilai melalui beberapa bentuk evaluasi non tes yang di antaranya adalah wawancara, pengamatan, studi kasus, presentasi riset, portofolio, dan diskusi publik. Evaluasi non tes yang dilaksanakan di SD SALAM telah efektif digunakan oleh fasilitator dan peserta didik yang tidak pernah dihadapkan oleh mata pelajaran dan ujian menjadi antusias sekaligus menjadi manusia kritis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectteknik evaluasi non tesen_US
dc.subjectaspek penilaianen_US
dc.subjectpelaksanaan teknik evaluasi non tesen_US
dc.titleImplementasi Evaluasi Non Tes Dalam Menilai Peserta Didik Di Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam (Salam) Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18422142


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record