Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Upaya Mengatasinya Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Jembul Kabupaten Mojokerto
Abstract
Pada penelitian ini peneliti berupaya untuk mengetahui kesulitan belajar
yang telah dialami oleh peserta didik di SDN Jembul Kabupaten Mojokerto,
Provinsi Jawa Timur. Penelitian yang ingin dilakukan oleh peneliti adalah untuk
mendapatkan solusi dari kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di
daerah yang sekolahannya termasuk 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Dan
peneliti mencari faktor-faktor yang telah menyebabkan peserta didik mengalami
kesulitan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan upaya
yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik tersebut.
Peneliti melakukan penelitian dengan penggunaan metode pendekatan
secara kualitatif, dan untuk menentukan teknik penentuan informan yaitu dengan
teknik purpose sampling yaitu teknik yang mempunyai tujuan tertentu untuk
mengambil sampel berdasarkan tujuan tertentu dan memilih orang-orang tertentu
yang telah memilih kriteria sebagai sample untuk penelitian. Teknik pengumpulan
data yang diterapkan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan
triangulasi.
Penelitian ini menunjukkan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta
didik pada tingkat sekolah dasar (SD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) sebagai berikut: 1) peserta didik mengalami kesulitan belajar
disebabkan oleh adanya transisi perubahan sistem pembelajaran dari daring atau
online menjadi kembali tatap muka atau ofline. 2) kesulitan belajar peserta didik
disebabkan oleh dua faktor 3) dari kesulitan belajar pada peserta didik tersebut
maka terdapat upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi peserta didik.
Collections
- Islamic Education [862]