Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Beruang Madu Dan Lamin Etam Ambors (LEA) Di Kota Balikpapan Untuk Menarik Minat Pengunjung Di Era New Normal
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Beruang Madu Dan Lamin
Etam Ambors (LEA) Di Kota Balikpapan Untuk Menarik Minat Pengunjung Di
Era New Normal”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi
pemasaran Agrowisata Beruang madu dan Lamin Etam Ambors (LEA) di Kota
Balikpapan untuk menarik minat pengunjung di Era new normal. Memilih kajian
komunikasi pemasaran pariwisata untuk memperkenalkan dan membangkitkan
kembai sektor pariwisata dari keterpurukan pasca pandemic melalui strategi
komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua aktivitas strategi
komunikasi pemasaran dari marketing communication mix dilakukan. Aktivitas
komunikasi pemasaran yang digunakan yaitu 1) Agrowisata Beruang Madu
melakukan inovasi dengan konsep berwisata secara online yakni virtual tour,
melakukan penjualan souvenir dengan “membeli souvenir sama saja telah
berdonasi”, sebagai bentuk promosi terbaru di era new normal. Serta public relation
dengan bekerja sama antar instansi Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi. 2)
Lamin Etam Ambors melakukan advertising melalui televisi lokal yang disiarkan
melalui Youtube TV dengan menyorot kondisi terbaru di era new normal. Serta
melakukan personal selling dengan menyebarkan brosur melalui face to face
namun dengan protocol Kesehatan yang ketat.
Collections
- Communication [958]