Pengaruh Pariwisata Halal Terhadap Loyalitas Wisatawan Muslim untuk Mengunjungi Bali
Abstract
Sudah banyak penelitian sebelumnnya yang menguji keterkaitan pariwisata
halal terhadap loyalitas wisatawan Muslim. Studi ini dilakukan untuk menguji
bagaimana loyalitas wisatawan Muslim dipengaruhi oleh pariwisata halal, persepsi
nilai halal dan kepuasan wisatawan Metode yang digunakan adalah partial least
square (PLS) SEM dengan menggunakan Smart PLS, dengan purposive sampling
responden sebanyak 122 orang wisatawan Muslim yang pernah berkunjung ke Bali.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dimensi pariwisata halal
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan persepsi nilai halal,
persepsi nilai halal dan kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas wisatawan, sedangan pariwisata halal tidak berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas wisatawan Muslim. Pembaruhan dalam penelitian ini
menawarkan pengujian kembali pariwisata halal terhadap loyalitas dalam konteks
pariwisata halal di Bali Temuan ini menawarkan wawasan yang unik baik untuk
pengembangan teoritis maupun untuk Pemerintah daerah Bali, Pelaku bisnis
Pariwisata dan wisatawan Muslim terutama yang berhubungan dengan pariwisata
halal.
Collections
- Management [4527]