Hubungan Antara Kelekatan Aman Orangtua dan Asertivitas pada Siswa SMP Boarding School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan aman terhadap orangtua dengan asertivitas pada siswa SMP boarding school. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kelekatan aman terhadap orangtua dengan asertivitas. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa MTS Salafiyah Grobogan, Semarang, Jawa Tengah. Skala Asertivitas yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala modifikasi Assertiveness Inventory oleh Albert dan Emmons (1995). Sedangkan skala kelekatan aman yang digunakan merupakan skala adaptasi dari Inventory of Parent Attachment yang mencakup tiga aspek kelekatan menurut Armsden dan Geenberg (Ridenour, T.A., Greenberg, M.T., Elizabeth, T.C., 2006) yaitu kepercayaan (true), komunikasi (communication) dan kepercayaan (alienation). Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi r = 0,581 dengan p = 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada korelasi positif antara kelekatan aman terhadap orangtua dengan asertivitas, dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Collections
- Psychology [2174]