dc.description.abstract | Pentingnya memprediksi perilaku konsumen pada perusahaan ritel seperti
Indomaret, bertujuan untuk menghadapi tantangan perubahan perilaku belanja,
sehingga industri ritel perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen. Perusahaan ritel menghadapi banyak faktor yang tidak pasti, salah
satunya adalah cuaca. Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji pengaruh cuaca
cerah, hujan, berawan, suhu, kualitas udara terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini dilakukan di Toko Minimarket Indomaret, sebanyak 10 minimarket.
Minimarket sebagai tempat mengambil subjek penelitian ini berlokasi di Kota
Jakarta. Cuaca cerah, hujan, berawan, suhu dan kualitas udara sebagai variabel
bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif menggunakan jenis data primer. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner berskala likert dengan teknik pengambilan sampel adalah
convenience sampling. Sampel penelitian ini berupa konsumen minimarket
Indomaret berjumlah 150 orang, sedangkan sebagai sampel uji coba sebanyak 58
orang. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik
dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cuaca cerah
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Cuaca hujan,
berawan, suhu dan kualitas udara berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. | en_US |