Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Belanja Online Konsumen Selama Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Kerangka Stimulus-Organisme-Respons (S-O-R)
Abstract
Meningkatnya aktivitas e-commerce saat pandemi covid-19 adalah salah satu perubahan
perilaku belanja masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari persepsi
kegunaan ulasan online, persepsi kualitas informasi ulasan online, peringkat produk atau
layanan, kepercayaan konsumen dan kredibilitas ulasan terhadap niat beli online masyarakat.
Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa/i yang pernah mengakses atau melakukan belanja
online. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive
sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 240 responden. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner
secara online. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang diolah
dengan menggunakan software SPSS dan analisis SEM yang diolah dengan menggunakan
software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan ulasan online
dan persepsi kualitas informasi ulasan online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel kepercayaan konsumen. Sedangkan untuk kepercayaan konsumen tidak memiliki
pengaruh terhadap niat beli online. Kemudian, variabel peringkat produk atau layanan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas ulasan. Ditemukan pula bahwa
kredibilitas ulasan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli online.
Collections
- Management [4576]