Analisis Pengaruh Daya Tarik, Keahlian, Interaksi, Kepuasan Citra, dan Kepercayaan Periklanan Terhadap Niat Pembelian Dalam Pemasaran Influencer Media Sosial Pada Konsumen Erigo di Indonesia
Abstract
Alat pemasaran digital baru yang muncul saat ini adalah pemasaran influencer media
sosial. Influencer media sosial adalah individu yang dapat memberikan persepsi
kepada konsumen mengenai suatu merek atau produk melalui foto, video, dan
pembaruan lainnya di platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Tiktok,
Facebook, WhatsApp. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengidentifikasi
pengaruh berbagai atribut influencer media sosial pada daya tarik, keahlian, interaksi,
kepuasan citra dan kepercayaan periklanan mereka dan akhirnya pada niat pembelian
konsumen dalam pemasaran influencer media sosial di Indonesia. Kuesioner online
digunakan untuk mengumpulkan data melalui Google Forms dan ukuran sampel
adalah Teknik sampling kuota digunakan, dan pemodelan persamaan struktural
melalui PLS-SEM digunakan untuk analisis data. Penelitian ini memiliki jumlah
responden sebanyak 190 responden. Kriteria responden pada penelitian ini adalah
remaja hingga dewasa, yang mengetahui merk Erigo dan pengikut influencer Arief
Muhammad. Temuan mengungkapkan bahwa daya tarik, keahlian, dan interaksi
memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan citra dan kepercayaan
periklanan. Selain itu, niat pembelian konsumen dalam pemasaran influencer media
sosial secara langsung dipengaruhi oleh kepuasan citra dan kepercayaan periklanan
influencer media sosial.
Collections
- Management [4550]