Strategi Komunikasi Pembelajaran Murid Special Needs Autism Disorder Pada Pendidikan Inklusi Cikal Selama Pandemi Covid19
Abstract
Wabah Covid-19 telah berdampak pada aktivitas pendidikan Inklusi dari yang semula
tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ), termasuk juga pada anak-anak special
needs Autism Disorder di Pendidikan Inklusi Cikal. Penelitian ini bertujuan mengetahui
strategi komunikasi pembelajaran yang menganalisis akomodasi yang layak bagi murid
special needs dengan mengkombinasikan teori akomodasi komunikasi dan teori
komunikasi Berlo untuk meneliti keterampilan komunikasi guru khusus dalam
memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian dilakukan secara deskriptif melalui metode
pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pembelajaran yang dilakukan
guru dapat dibagi menjadi:1) Konvergensi, menyesuaikan murid dengan identifikasi awal
melalui PPI, 2) Divergensi, merancang Program Charter yang mewakili inklusivitas
perbedaan, dan 3) Akomodasi Berlebihan, yaitu mengakomodasi potensi konflik dengan
mengajak orang berdiskusi bersama melalui Personalized Curriculum Talk (PCC) Talk
dan Three Ways Conferences (TWC). Selain itu, upaya guru mengakomodasi murid yaitu
dengan memanfaatkan media belajar Social Circle untuk murid dengan gaya belajar
Visual-Kinestetik lalu Flash Card dan Quizizz sebagai akomodasi bagi murid special
needs dengan gaya belajar Visual-Auditory.
Collections
- Communication [949]