Hubungan Keterlibatan Orang Tua Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Man 4 Sleman Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: ada atau tidaknya hubungan
yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan prestasi belajar kimia pada
pembelajaran jarak jauh di MAN 4 Sleman tahun ajaran 2021/2022. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA I, II dan XI MIPA I MAN 4
Sleman. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X dan XI MIPA di MAN 4
Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa angket pada
variabel keterlibatan orang tua dan teknik tes untuk variabel prestasi belajar kimia
diambil dari nilai ujian akhir semester. Instrumen keterlibatan orang tua berbentuk
angket ini kemudian disebarkan secara online melalui google formulir semetara
instrumen variabel prestasi belajar berbentuk soal yang didapatkan dari guru mata
pelajaran kimia. Metode yang digunakan ialah metode korelasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis korelasi non parametrik yaitu Uji Spearman. Uji ini
dilakukan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dari
uji korelasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar kimia pada
pembelajaran jarak jauh di MAN 4 Sleman, dengan nilai signifikansi 0,228.
Collections
- Chemistry Education [324]