Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Subhan Afifi, S.Sos., M.Si
dc.contributor.authorNOVITA SARI
dc.date.accessioned2022-09-19T08:24:40Z
dc.date.available2022-09-19T08:24:40Z
dc.date.issued2022-01-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39335
dc.description.abstractDalam sebuah bisnis komunikasi interpersonal sangat penting, maka dalam komunikasi interpersonal juga memiliki strategi untuk pencapaian tujuan tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan penelitian ini bahwa persaingan dalam sebuah bisnis Coffee Shop sangat ketat sehingga berlomba-lomba membentuk strategi untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi komunikasi interpersonal antara barista dengan pelanggan dalam pelayanan di Coffee Shop Space Roastery Yogyakarta. Teori komunikasi interpersonal yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Devito (1989). Teori ini menyebutkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan aktivitas “penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil dengan berbagai dampaknya dan peluang untuk memberikan umpan balik segera”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yakni hasil wawancara dengan informan dan pendukung lainnya. Analisis data dilakukan melaluitahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi-penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa strategi komunikasi interpersonal barista Coffee Shop Space Roastery Yogyakarta menunjukkan, a) proses komunikasi yang interaktif dengan mengembangkan pendekatan serta melakukan story telling. b) menunjukkan sikap barista dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan memperlangsungkan komunikasi pelayanan prima dengan mengembangkan dan meliputi pendekatan humanistik, diantaranya yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. c) pola komunikasi verbal dan non verbal terhadap pelanggan yang terlihat dari sisi verbal yakni segi penampilan barista yang rapi, kalimat tutur kata yang terucap ketika melakukan pelayanan terhadap pelanggan dan juga berupa sambutan terhadap pelanggan yang baru datang. Dari sisi non verbal terlihat dari segi gerakan tubuh yang menunjukan bahwa barista menghargai pelanggan. Gerakan tubuh yang dimaksud yakni gerakan tangan saat menjelaskan atau menanggapi suatu hal dari pelanggan, komunikasi non verbal yang dilakukan barista juga terlihat dari cara merespon pelanggan yang memiliki tunawicara.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectBaristaen_US
dc.subjectKepuasan Pelangganen_US
dc.titleAnalisis Strategi Komunikasi Interpersonal Barista Coffee Shop Space Roastery Di Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18321107


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record