dc.description.abstract | Ketika bisnis sudah berjalan, seorang pengusaha dituntut untuk mempertahankan
serta membuat usaha yang dirintisnya untuk tumbuh dan berkembang. Kondisi di
lapangan terkadang dapat berbeda jauh dari apa yang direncanakan. Terlebih adanya
daya saing dari kompetitor membuat pengusaha harus berfikir inovatif agar bisa
bertahan dalam persaingan pasar yang ada. PT. Putra Medikaltek Indonesia yang
merupakan perusahaan baru dalam industri gas medis tentu harus berhati-hati dalam
melangkah. Persaingan yang begitu ketat, terlebih dengan perusahaan yang sudah
berjalan sebelumnya membuat PT. Putra Medikaltek Indonesia harus mempunyai
strategi khusus agar bisa bertumbuh. Cohan dalam bukunya “Disciplined Growth
Strategies” memperlihatkan adanya lima strategi pertumbuhan perusahaan yang bisa
menjadi rujukan. Dengan menerapkan strategi pertumbuhan melalui konsumen,
geografi, produk, kapabilitas, dan budaya, yang dikombinasikan dengan perencanaan
perusahaan umum seperti aspek pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan
keuangan, diharpakan PT. Putra Medikaltek Indonesia bisa tumbuh dan berkembang. | en_US |