Analisis Bauran Pemasaran Syariah Rumah Cantik Sehat Muslimah (Rcsm) Gedong Kuning Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
Perkembangan zaman beriringan dengan meningkatnya pola konsumsi dan gaya
hidup, begitu pula peningkatan permintaan akan layanan perawatan dan kecantikan
yang bersifat privasi di kalangan Muslimah. Yogyakarta merupakan salah satu
provinsi dengan mayoritas penganut islam, hal ini menjadi peluang bagi pengusaha
di bidang bisnis kecantikan untuk memenuhi permintaan kaum Muslimah. Disisi
lain, kehadiran salon muslimah dapat menjadi kampanye industri halal di bidang
kesehatan. RCSM merupakah pelopor salon Muslimah di Yogyakarta. Akan tetapi,
apakah kehadiran RCSM sebagai salon muslimah telah sepenuhnya menerapkan
aturan syariah dan telah memenuhi harapan pelanggan? Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk meneliti implementasi pemasaran syariah RCSM dan analisis
bauran pemasaran syariah RCSM terhadap kepuasan pelanggan. Adapun metode
penelitian yang digunakan adalah metode campuran antara kualitatif yang
dilakukan melalui wawancara dan kuantitatif yang dilakukan melalui kuesioner.
Alat analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis yang
diinterpretasikan ke dalam diagram cartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
RCSM telah mengimplementasikan pemasaran syariah dengan terpenuhinya
kriteria karakteristik pemasaran syariah, yaitu rabbaniyyah, akhlaqiyyah,
waqiyyah, dan insaniyyah. Sedangkan, hasil analisis kepentingan dan performa
membuktikan bahwa indikator yang menjadi prioritas utama untuk dikembangkan
adalah ketersediaan lokasi parkir yang luas. Adapun Customer Satisfaction Index
menunjukkan angka 0,88 yang artinya pelanggan merasa sangat puas dengan
bauran pemasaran 7P.
Collections
- Islamic Economics [826]