Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Smpn 3 Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta
Abstract
Nilai-nilai pendidikan karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, bertanggungjawab
semakin lama membutuhkan penguatan dalam implementasinya. Fenomena itu
ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Tidak hanya itu,
masih banyak problem pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar
peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, datang terlambat, menyontek,
membolos dan ketidakpatuhan peserta didik pada guru. Tujuan penelitian ini ialah
untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam
dalam membentuk karakter religius peserta didik beserta faktor pendukung dan
penghambatnya.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian lapangan; dari proses kegiatan di SMPN 3 Pakem dalam
program strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius
peserta didik. Adapun informannya telah penulis tentukan sehingga penulis
menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan datanya
menggunakan; observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk keabsahan datanya
menggunakan triangulasi dan analisis data yang selanjutnya diolah dan diatur
secara sistematis sehingga dapat ditafsirkan dan dihasilkan sebuah temuan yang
berupa pemikiran, teori, pendapat, maupun sebuah gagasan baru.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang dilakukan guru Pendidikan
Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMPN 3 Pakem
belum berhasil secara merata dikarenakan terdapat banyak kendala yang dihadapi
terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Dikarenakan semua serba terbatas dan
tidak semua program penunjang karakter religius dapat berjalan dengan lancar dan
sesuai harapan dan cita-cita sekolah. Faktor penghambat dalam penerapan strategi
penunjang karakter religius di SMPN 3 Pakem lebih banyak dibandingkan dengan
faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja program penunjang karakter religius
peserta didik.
Collections
- Islamic Education [864]