Show simple item record

dc.contributor.advisorSiti Afifah Adawiyah, S.Pd.I., M.Pd.
dc.contributor.authorASHILA ELVARETTA WIRANDHIKA
dc.date.accessioned2022-09-02T03:36:31Z
dc.date.available2022-09-02T03:36:31Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38968
dc.description.abstractNilai-nilai pendidikan karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, bertanggungjawab semakin lama membutuhkan penguatan dalam implementasinya. Fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Tidak hanya itu, masih banyak problem pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, datang terlambat, menyontek, membolos dan ketidakpatuhan peserta didik pada guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan; dari proses kegiatan di SMPN 3 Pakem dalam program strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik. Adapun informannya telah penulis tentukan sehingga penulis menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan datanya menggunakan; observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi dan analisis data yang selanjutnya diolah dan diatur secara sistematis sehingga dapat ditafsirkan dan dihasilkan sebuah temuan yang berupa pemikiran, teori, pendapat, maupun sebuah gagasan baru. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMPN 3 Pakem belum berhasil secara merata dikarenakan terdapat banyak kendala yang dihadapi terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Dikarenakan semua serba terbatas dan tidak semua program penunjang karakter religius dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan dan cita-cita sekolah. Faktor penghambat dalam penerapan strategi penunjang karakter religius di SMPN 3 Pakem lebih banyak dibandingkan dengan faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja program penunjang karakter religius peserta didik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Guru PAIen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Smpn 3 Pakem Kabupaten Sleman Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18422026


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record