dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kredibilitas ulama
endorser terhadap niat mengggunakan biro perjalanan Haji dan Umroh yang di-
endorse. Dalam penelitian ini menggunakan kriteria responden dengan teknik
purposive sampling yakni bergama Islam, berusia diatas 18 tahun, dan mengetahui
salah satu ulama Indonesia. Penelitian ini mendapatkan 145 responden dan data
diolah menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kredibilitas endorser, persepsi kualitas, kredibilitas merek, dan niat.
Pasalnya, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas ulama endorser
berpengaruh positif terhadap niat menggunakan produk yang di-endorse. Adapun
kredibilitas merek juga berpengaruh terhadap persepsi kualitas biro perjalanan Haji
dan Umroh yang di-endorse. Beda halnya dengan persepsi kualitas, yang dimana
tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan biro perjalanan Haji dan Umroh.
Ulama yang kredibel juga dianggap mampu mempengaruhi persepsi kualitas dan
kredibilitas merek yang dirasakan konsumen. Kontribusi dari skripsi terhadap
literatur adalah dilakukannya uji kembali mengenai dampak endorsement terhadap
niat beli produk berupa jasa perjalanan wisata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
membantu biro perjalanan Haji dan Umroh mempertimbangakan untuk
menggunakan ulama dalam strategi endorsement, guna meningkatkan perhatian,
kepercayaan, minat masyarakat terhadap biro perjalanan tersebut. | en_US |