Analisis Minat Pembelian Produk Kosmetik Halal Pada Masyarakat Lombok Tengah Di Masa Pandemi (Studi Masyarakat Praya Lombok Tengah) Analysis Of Interest In Purchasing Halal Cosmetic Products In Central Lombok Communities In The Pandemic Period (Study Of The Central Lombok Praya Community)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kota Praya (Lombok Tengah), berdasarkan data yang diperoleh
dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan faktor- faktor yang mempengaruhi minat
pembelian produk kosmetik halal selama pandemi yaitu, dengan berlakunya peraturan pemerintah
untuk menjaga jarak (PSBB, PPKM) hingga pemberlakuan WFH (Work From Home) serta
penerapan protokol kesehatan (menggunakan masker) selama beraktivitas di luar rumah agar
menjaga dan menghindari penyebaran virus Covid-19, hal ini juga menjadi alasan para informan
untuk mengurangi konsumsi make up yang biasa mereka gunakan sehari-hari sebelum masa
pandemi , hingga hanya menggunakan beberapa dari produk make up yang mereka gunakan seharihari.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui:
Faktor-
faktor
apa
saja
yang
mempengaruhi
Minat
pembelian
Produk
Kosmetik
Halal
Selama
Pandemi
dengan
melihat
Minat
pembelian
masyarakat
Lombok
Tengah
yang
berada di
Kota
Praya.
Penelitian ini
termasuk
penelitian
deskriptif
kualitatif.
Populasi
penelitian ini adalah Masyarakat Lombok Tengah sebanyak 20 orang dengan latar
belakang yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan beberapa
pertanyaan kepada 20 informan dan supervisor dari 2 outlet kosmetik, mengenai minat pembelian
dan intensitas pembelian selama pandemi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat
pembelian produk kosmetik halal selama pandemi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
faktor yang mempengaruhi minat pembelian produk kosmetik halal selama pandemi adalah
berlakunya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan
Masyarakat (PPKM) serta peraturan dari pemerintah dimana setiap masyarakat harus menjalani
aktivitas sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, berlakunya WFH (Work From home) juga
merupakan faktor yang sangat mempengaruhi minat pembelian produk kosmetik halal selama
pandemi. Sehingga minat pembelian selama pandemi di Kota Praya Lombok Tengah mengalami
penurunan hingga 40% .
Collections
- Islamic Economics [827]