Pengaruh Banyaknya Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (Pr) Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau
Abstract
Pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) oleh guru kepada siswa merupakan
suatu metode atau kegiatan tambahan agar siswa dapat belajar secara baik dan
aktif saat pembelajaran di kelas, lebih menguasai materi pelajaran yang
disampaikan oleh guru saat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ada atau tidaknya pengaruh banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR)
terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VI di SD Islam Baitul Hikmah Batam
Kepulauan Riau.
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan program
SPSS Statistics 25 untuk mendapatkan hasil korelasi banyaknya pemberian
pekerjaan tugas rumah (PR) dan konsentrasi belajar siswa kelas VI SD Islam
Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VI, wali kelas VI dan Kepala Sekolah, sedangkan objeknya adalah pengaruh
banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap konsentrasi belajar
siswa kelas VI yang bertempat di SD Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan
Riau. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Islma Baitul Hikmah
Batam Kepulauan Riau yang terdiri dari 25 orang siswa. Metode pengambilan
sampel dilakukan secara meyeluruh. Teknik Pegumpulan data menggunakan
dokumentasi, angket dan wawancara, namun wawancara pada penelitian ini hanya
sebagai cara tambahan untuk mendapatkan informasi terkait sekolah. Teknik
keabsahan data menggunakan metode uji validitas dan uji reliabilitas dengan
menggunakan SPSS Statistics 25 yang diberikan kepada 25 responden. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) uji validitas menghasilkan
setengah dari hasil r hitung disetiap indikator menunjukkan atau ada yang
mewakili r hitung > r tabel 0.413 dengan taraf 5% yang menyatakan hal tersebut
valid (2) uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach Alpha > r tabel yang
menyatakan bahwa seluruh instrument atau variabel konsisten dlaam penelitian ini
(3) uji normalitas dengan nilai asymp sign 0.166 > 0.05, maka data berkontribusi
normal (4) uji homogenitas dengan nilai f hitung 1.865 < f tabel 2.60 dan nilai
sign 0.162 > 0.005 yang menyatakan mempunyai nilai varian yang sama atau
homogen (5) banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) tidak memiliki
pengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan
hasil perhitungan dengan SPSS Statistics 25, dimana koefisien kerelasi (r) = 0.100
yang menandakan hasil tersebut termasuk dalam derajat tidak memiliki hubungan.
Selain itu menghasilkan nilai signifikasi kedua variabel sebesar 0.635,
berdasarkan kriteria hipotesis 0.635 > 0.05 menunjukan kriteria keputusan Ho diterima da Ha ditolak, artinya penelitian ini tidak memiliki pegaruh antara
pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dengan konsentrasi belajar siswa di kelas
dan menghasilkan sumbangan efektifitas 1% sedangkan 99% berasal dari faktor
lain atau berasal dari strategi belajar mengajar guru yang berdasarkan waktu
belajar dan waktu luang.
Collections
- Islamic Education [864]