Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Haningsih, M.Ag
dc.contributor.authorMUHAMMAD WILDAN SYAFRUDDIN
dc.date.accessioned2022-09-01T04:49:07Z
dc.date.available2022-09-01T04:49:07Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38931
dc.description.abstractPemberian tugas pekerjaan rumah (PR) oleh guru kepada siswa merupakan suatu metode atau kegiatan tambahan agar siswa dapat belajar secara baik dan aktif saat pembelajaran di kelas, lebih menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru saat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VI di SD Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Statistics 25 untuk mendapatkan hasil korelasi banyaknya pemberian pekerjaan tugas rumah (PR) dan konsentrasi belajar siswa kelas VI SD Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI, wali kelas VI dan Kepala Sekolah, sedangkan objeknya adalah pengaruh banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VI yang bertempat di SD Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Islma Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau yang terdiri dari 25 orang siswa. Metode pengambilan sampel dilakukan secara meyeluruh. Teknik Pegumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara, namun wawancara pada penelitian ini hanya sebagai cara tambahan untuk mendapatkan informasi terkait sekolah. Teknik keabsahan data menggunakan metode uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS Statistics 25 yang diberikan kepada 25 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) uji validitas menghasilkan setengah dari hasil r hitung disetiap indikator menunjukkan atau ada yang mewakili r hitung > r tabel 0.413 dengan taraf 5% yang menyatakan hal tersebut valid (2) uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach Alpha > r tabel yang menyatakan bahwa seluruh instrument atau variabel konsisten dlaam penelitian ini (3) uji normalitas dengan nilai asymp sign 0.166 > 0.05, maka data berkontribusi normal (4) uji homogenitas dengan nilai f hitung 1.865 < f tabel 2.60 dan nilai sign 0.162 > 0.005 yang menyatakan mempunyai nilai varian yang sama atau homogen (5) banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) tidak memiliki pengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan dengan SPSS Statistics 25, dimana koefisien kerelasi (r) = 0.100 yang menandakan hasil tersebut termasuk dalam derajat tidak memiliki hubungan. Selain itu menghasilkan nilai signifikasi kedua variabel sebesar 0.635, berdasarkan kriteria hipotesis 0.635 > 0.05 menunjukan kriteria keputusan Ho diterima da Ha ditolak, artinya penelitian ini tidak memiliki pegaruh antara pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dengan konsentrasi belajar siswa di kelas dan menghasilkan sumbangan efektifitas 1% sedangkan 99% berasal dari faktor lain atau berasal dari strategi belajar mengajar guru yang berdasarkan waktu belajar dan waktu luang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectPemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR)en_US
dc.subjectKonsentrasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Banyaknya Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (Pr) Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riauen_US
dc.Identifier.NIM18422077


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record