Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pai Di Smait Daarul Hikmah Boarding School Bontang Kalimantan Timur
Abstract
Salah satu faktor keberhasilan pendidikan tercermin dari bagaimana cara
mengajar guru. Permasalahan yang terjadi di SMAIT Daarul Hikmah Boarding
School Bontang yakni beberapa guru kurang memerhatikan variasi gaya mengajar
sehingga proses pembelajaran cenderung monoton. Penggunaan metode mengajar
yang monoton membuat peserta didik mudah bosan dan kehilangan minat untuk
belajar. Berdasarkan hal tersebut, guru hendaknya melakukan variasi gaya
mengajar agar terwujud situasi belajar yang menyenangkan sehingga minat peserta
didik terhadap suatu pelajaran meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.
Mendeskripsikan gaya mengajar guru PAI di SMAIT Daarul Hikmah Boarding
School Bontang, 2. Menganalisis minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di
SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang, 3. Menganalisis pengaruh gaya
mengajar guru PAI terhadap minat belajar di SMAIT Daarul Hikmah Boarding
School Bontang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian
yaitu peserta didik perempuan kelas reguler dan guru mata pelajaran PAI kelas
perempuan di SMAIT DHBS. Objek penelitian ini yaitu gaya mengajar guru PAI
dan minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling,
yakni pengambilan sampel apabila populasi memiliki anggota yang tidak homogen
serta berstrata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara,
angket, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar yang digunakan guru
mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS adalah gaya mengajar personalisasi. Minat
belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS tergolong dalam kategori
tinggi. Terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik
mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS sebesar 24,4% dan nilai signifikansi yang
diperoleh sebesar 0.000 < 0.05.
Collections
- Islamic Education [864]