Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Haningsih, M.Ag
dc.contributor.authorAISYA NAURADISTA R
dc.date.accessioned2022-09-01T04:43:17Z
dc.date.available2022-09-01T04:43:17Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38929
dc.description.abstractSalah satu faktor keberhasilan pendidikan tercermin dari bagaimana cara mengajar guru. Permasalahan yang terjadi di SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang yakni beberapa guru kurang memerhatikan variasi gaya mengajar sehingga proses pembelajaran cenderung monoton. Penggunaan metode mengajar yang monoton membuat peserta didik mudah bosan dan kehilangan minat untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, guru hendaknya melakukan variasi gaya mengajar agar terwujud situasi belajar yang menyenangkan sehingga minat peserta didik terhadap suatu pelajaran meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan gaya mengajar guru PAI di SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang, 2. Menganalisis minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang, 3. Menganalisis pengaruh gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar di SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik perempuan kelas reguler dan guru mata pelajaran PAI kelas perempuan di SMAIT DHBS. Objek penelitian ini yaitu gaya mengajar guru PAI dan minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling, yakni pengambilan sampel apabila populasi memiliki anggota yang tidak homogen serta berstrata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar yang digunakan guru mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS adalah gaya mengajar personalisasi. Minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS tergolong dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMAIT DHBS sebesar 24,4% dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000 < 0.05.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGaya Mengajaren_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pai Di Smait Daarul Hikmah Boarding School Bontang Kalimantan Timuren_US
dc.Identifier.NIM18422022


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record