Hijab Sebagai Identitas Pada Video Klip Musik Indonesia
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai identitas hijab yang ditampilkan pada
salahsatu jenis karya audiovisual yaitu video klip musik. Hal-hal dan juga nilai
yang melekat pada hijab ditampilkan secara tersurat dan juga tersirat pada
beberapa adegan yang ada pada video klip-video klip tersebut. Maka dari itu,
pembahasan ini cukup menarik karena pada kenyataan saat ini, penggunaan
hijab tidak hanya digunakan sebagai bentuk ketaatan akan tetapi juga sebagai
kepentingan bahkan keuntungan pihak-pihak tertentu. Metode yang digunakan
untuk menganalisa tiap adegan pada video klip ialah adalah metode semiotika
milik Roland Barthes untuk mengetahui tanda dan juga makna dari adegan yang
dipilih. Terdapat tiga video klip yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu
Terlalu tinggi dari Juicy Luicy, Hijrahku dari Aci Cahaya, dam Hijab I’m in Love
dari Oki Setiana Dewi dan Shindy. Paradigma yang digunakan pada penelitian
ini ialah paradigma kritis. Penelitian ini menunjukkan hasil dari analisa adeganadegan
pada
video
klip
yang
dipilih
mengenai
identitas
dan
juga
nilai
dari
hijab
yaitu
hijab sebagai tanda hijrah, bentuk ketaatan dan keshalehan, dan hijab
sebagai gaya hidup dan fashion.
Collections
- Communication [949]