Pengembangan Diri Sebagai Pembentukan Leadership Identity Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Pengembangan diri merupakan proses peningkatan potensi
diri dan kepribadian seseorang sehingga terus tumbuh dan
berkembang. Pengembangan pada diri seseorang dilakukan dengan
memanfaatkan waktu, bakat dan kemampuan yang sebenarnya sudah
ada didalam diri. Di era pandemi covid-19 ini, penerapan
pembelajaran online oleh pemerintah mengharuskan semua kegiatan
belajar mengajar dilakukan dari rumah. Banyak permasalahan yang
muncul ketika terjadi pembelajaran online, seperti keterlambatan
siswa masuk kelas online, siswa yang sering mangkir tanpa izin,
bahkan siswa yang harus mengulang kelas di semester berikutnya
karena tidak mengerjakan tugas.
Sebagai mahasiswa memiliki peran penting dalam
mengubah kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Mahasiswa
diharapkan memiliki identitas kepemimpinan dalam dirinya sehingga
dapat menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab serta
berkomitmen terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepemimpinan
dalam diri dapat diperoleh melalui proses pengembangan diri setiap
individu.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana
pengembangan diri sebagai pembentukan leadership identity dan
pengaruhnya terhadap prestasi akademik di masa pandemi covid 19
bagi mahasiswa program Magister Jurusan Studi Islam UniversitasIslam Indonesia (prodi IAIPM JSI FIAI UII). Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitiannyadeskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik
purposive sampling, diantaranya mahasiswa di prodi IAIPM JSI
FIAI UII. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpenuhinya kelimatahap leadership identity menjadikan mahasiswa prodi IAIPM JSI
FIAI UII berada di tahap Integration (tahap lima). Pada tahap ini,mahasiswa sudah melakukan kegiatan evaluasi secara menyeluruh
terhadap dirinya,
terutama
tanggungjawabnya
terhadap
kepemimpinan diri serta memiliki komitmen terhadap hasil prestasiakademik yang diperoleh.
Collections
- Islamic Education [866]