Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Ahmad Darmadji, M.Pd
dc.contributor.authorDELIMA
dc.date.accessioned2022-08-29T02:25:15Z
dc.date.available2022-08-29T02:25:15Z
dc.date.issued2022-04-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38885
dc.description.abstractPengembangan diri merupakan proses peningkatan potensi diri dan kepribadian seseorang sehingga terus tumbuh dan berkembang. Pengembangan pada diri seseorang dilakukan dengan memanfaatkan waktu, bakat dan kemampuan yang sebenarnya sudah ada didalam diri. Di era pandemi covid-19 ini, penerapan pembelajaran online oleh pemerintah mengharuskan semua kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Banyak permasalahan yang muncul ketika terjadi pembelajaran online, seperti keterlambatan siswa masuk kelas online, siswa yang sering mangkir tanpa izin, bahkan siswa yang harus mengulang kelas di semester berikutnya karena tidak mengerjakan tugas. Sebagai mahasiswa memiliki peran penting dalam mengubah kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Mahasiswa diharapkan memiliki identitas kepemimpinan dalam dirinya sehingga dapat menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab serta berkomitmen terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepemimpinan dalam diri dapat diperoleh melalui proses pengembangan diri setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengembangan diri sebagai pembentukan leadership identity dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik di masa pandemi covid 19 bagi mahasiswa program Magister Jurusan Studi Islam UniversitasIslam Indonesia (prodi IAIPM JSI FIAI UII). Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitiannyadeskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, diantaranya mahasiswa di prodi IAIPM JSI FIAI UII. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpenuhinya kelimatahap leadership identity menjadikan mahasiswa prodi IAIPM JSI FIAI UII berada di tahap Integration (tahap lima). Pada tahap ini,mahasiswa sudah melakukan kegiatan evaluasi secara menyeluruh terhadap dirinya, terutama tanggungjawabnya terhadap kepemimpinan diri serta memiliki komitmen terhadap hasil prestasiakademik yang diperoleh.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengembangan dirien_US
dc.subjectLeadership Identityen_US
dc.subjectPrestasi akademik, Pandemi Covid-19en_US
dc.titlePengembangan Diri Sebagai Pembentukan Leadership Identity Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Di Masa Pandemi Covid 19en_US
dc.Identifier.NIM20913038


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record