Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk (Studi Kasus : Data Transaksi Penjualan Toko Sukma)
Abstract
Perkembangan ritel yang semakin tinggi menyebabkan tingkat persaingan antar
ritel semakin ketat. Untuk itu, pelaku usaha ritel harus mampu berinovasi dengan
menetapkan strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan. Salah
satunya adalah dengan memahami perilaku konsumen. Toko Sukma merupakan
sebuah usaha dibidang ritel yang berdiri sejak tahun 1987. Data transaksi yang
dimiliki selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan belum pernah
menerapkan strategi pemasaran apapun. Oleh karena itu, metode yang digunakan
adalah Market Basket Analysis menggunakan Association Rule dengan algritma
apriori untuk menganalisis pola perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan
data transaksi penjualan Toko Sukma selama satu bulan (1 sampai 31 Desember
2021). Software yang digunakan pada penelitian ini yaitu software R. Dengan
menggunakan parameter minimum support sebesar 0.005 dan minimum confidence
sebesar 0.5 didapatkan aturan asosiasi sebanyak 14 rules. Berdasarkan hasil analisis
yang diperoleh dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi
pemasaran untuk meningkatkan penjualan diantaranya product bundling dan cross
selling.
Collections
- Statistics [904]