Show simple item record

dc.contributor.advisorEdy Widodo, Dr., S.Si., M.Si
dc.contributor.advisorAbdullah Ahmad Dzikrullah, S.Si., M.Sc
dc.contributor.authorFEBIYANTI ALFIAH
dc.date.accessioned2022-08-26T04:19:09Z
dc.date.available2022-08-26T04:19:09Z
dc.date.issued2022-04-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38876
dc.description.abstractPerkembangan ritel yang semakin tinggi menyebabkan tingkat persaingan antar ritel semakin ketat. Untuk itu, pelaku usaha ritel harus mampu berinovasi dengan menetapkan strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan memahami perilaku konsumen. Toko Sukma merupakan sebuah usaha dibidang ritel yang berdiri sejak tahun 1987. Data transaksi yang dimiliki selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan belum pernah menerapkan strategi pemasaran apapun. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Market Basket Analysis menggunakan Association Rule dengan algritma apriori untuk menganalisis pola perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan data transaksi penjualan Toko Sukma selama satu bulan (1 sampai 31 Desember 2021). Software yang digunakan pada penelitian ini yaitu software R. Dengan menggunakan parameter minimum support sebesar 0.005 dan minimum confidence sebesar 0.5 didapatkan aturan asosiasi sebanyak 14 rules. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan diantaranya product bundling dan cross selling.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMarket Basket Analysisen_US
dc.subjectAlgoritma Apriori, Association Ruleen_US
dc.titleMarket Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk (Studi Kasus : Data Transaksi Penjualan Toko Sukma)en_US
dc.Identifier.NIM18611032


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record