Strategi Komunikasi Dalam Kampanye Gaya Hidup Ramah Lingkungan Di Yogyakarta Oleh Bulk Store Vert Terre
Abstract
Bertambahnya penduduk di Yogyakarta mengakibatkan adanya pertambahan sampah
harian terutama sampah plastik. Menanggapi hal tersebut, sejumlah masyarakat yang mulai
peduli terhadap permasalahan lingkungan ini mengajak masyarakat Yogyakarta khususnya
anak - anak muda melalui kampanye sosial yang sedang marak terjadi yaitu kampanye gaya
hidup ramah lingkungan. Salah satunya adalah kampanye gaya hidup ramah lingkungan yang
diselenggarakan oleh bulk store vert terre. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini
untuk mengetahui strategi komunikasi dalam kampanye gaya hidup ramah lingkungan di
Yogyakarta oleh bulk store vert terre. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
wawancara dengan narasumber yang terkait dan juga didukung dengan hasil data observasi
dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu bulk store vert terre dalam
melaksanakan kampanye gaya hidup ramah lingkungan di Yogyakarta menggunakan strategi
komunikasi sebagai berikut: 1) Menetapkan founder dan co-founder bulk store vert terre
sebagai komunikator kampanye yang kompeten, 2) Menetapkan anak muda sebagai target
sasaran dalam kampanye gaya hidup ramah lingkungan, 3) Menyusun isi pesan kampanye
dengan visual yang eye catching, estetik, dan menarik, 4) Menetapkan media online sebagai
media komunikasi utama, 5) Respon positif masyarakat dalam kampanye gaya hidup ramah
lingkungan.
Collections
- Communication [943]