Hubungan Antara Minat Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Pada Masa Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Sma Negeri 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara minat belajar dan prokrastinasi peserta didik pada masa pembelajaran daring
di SMA Negeri 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis
korelasi. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X di
SMA Negeri 1 Cangkringan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 4 kelas.
Sampel pada penelitian ini sebanyak 129 peserta didik yang terdiri dari kelas X
MIPA 1, X MIPA 2, X IPS 1, dan X IPS 2. Metode sampling yang digunakan adalah
Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode
non tes yaitu berbentuk angket yang diambil melalui Google Form minat belajar
dan prokrastinasi akademik peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji parametrik yaitu uji korelasi Product Moment. Hasil dalam
penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan
prokrastinasi akademik peserta didik selama pembelajaran daring di SMA Negeri 1
Cangkringan tahun ajaran 2020/2021
Collections
- Chemistry Education [324]