Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Hukum Dasar Kimia Di Sma Negeri 6 Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang
signifikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap
prestasi belajar peserta didik kelas X pada materi hukum dasar kimia di SMA
Negeri 6 Cirebon tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen dengan desain Post Test Only Non-Equivalent Control
Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X
MIPA di SMA Negeri 6 Cirebon tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 213
peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 46 peserta didik dan X MIPA 1 dan X MIPA 2
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 peserta didik dan ditentukan melalui
purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran Course Review Horay (CRH) sedangkan variabel terikat dalam
penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah teknik tes berupa soal pilihan ganda sebagai posttest. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi prestasi
belajar peserta didik bernilai 0,979 sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan
penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi
belajar peserta didik kelas X pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 6
Cirebon tahun ajaran 2020/2021 dan prestasi belajar peserta didik di analisis
melalui kategori, pada kelas eksperimen memiliki kategori prestasi belajar peserta
didik dengan rata-rata sedang dan pada kelas kontrol memiliki kategori prestasi
belajar peserta didik dengan rata-rata sedang.
Collections
- Chemistry Education [326]