Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing Dan Brand Image Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Busana Muslim (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi tentang sebuah produk
memunculkan sistem belanja baru yang dapat dilakukan secara online. Kemudian,
hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menarik minat calon konsumen mereka
dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bagian dari digital
marketing, strategi ini disebut juga dengan istilah Social Media Marketing (SMM).
Salah satu aplikasi media sosial yang saat ini sering digunakan adalah aplikasi
Tiktok. Hal ini dapat dibuktikan bahwa Tiktok menjadi aplikasi No.1 yang sering
didownload di Indonesia menurut Data Repoltal. Algoritma aplikasi Tiktok yang
berbeda dari aplikasi yang lainnya sehingga memudahkan masyarakat untuk viral
dan dikenali oleh banyak orang. Maka, muncullah istilah influencer sebagai
seseorang yang dapat memberikan suatu pengaruh kepada orang lain. Untuk
menjadi perusahaan yang dapat dikenal masyarakat luas, sebuah perusahaan harus
memiliki brand image atau citra merek yang baik sehingga calon konsumen dapat
dengan mudah mengingat produk apa saja yang dikeluar oleh brand tersebut.
Merujuk dari hal tersebut maka muncul pertanyaan pengaruh social media
marketing, influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian
produk busana muslim pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang merupakan
mahasiswa Universitas Indonesia yang dianalisis menggunakan regresi linier
berganda. Berdasarkan hasil analasis data diketahui bahwa social media marketing
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk busana muslim, variabel
influencer marketing juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
produk busana muslim dengan dan variable brand image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada mahasiswa
Universitas Islam Indonesia.
Collections
- Islamic Economics [826]