Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Efektivitas Belajar Siswa Kelas 6 A Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdn 48/1 Penerokan Jambi
Abstract
Pada tahun 2020 dunia termasuk Indonesia digemparkan oleh virus yang
bernama covid-19. Oleh karena itu untuk menekan penyebaran virus pemerintah
mengambil langkah lockdown terutama di bidang pendidikan dengan penerapan
pembelajaran daring. Namun pembelajaran daring ini belum bisa berjalan efektif
karena guru, murid, dan orang tua masih kebingungan dalam melaksanakan
pembelajaran secara daring. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dampak
pembelajaran daring terhadap Motivasi belajar dan Efektivitas belajar siswa kelas
6A di SDN 48/1 Penerokan jambi.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian yaitu murid, guru, dan orang tua.
Dengan diterapkannya pembelajaran daring ini motivasi belajar siswa
tidak meningkat karena siswa tidak suka dengan pembelajaran daring ini, karena
siswa merasa cepat bosan disbandingkan dengan pembelajaran secara langsung.
Pembelajaran daring juga terhambat dengan adanya kondisi jaringan yang kurang
baik dan banyak siswa yang juga belum memiliki handphone untuk melaksanakan
pembelajaran daring ini. Sehingga pembelajaran tidak dapat berjalan efektif.
Collections
- Islamic Education [863]