dc.description.abstract | Dewasa ini, media sosial memegang peran penting dalam kegiatan manusia seperti
edukasi, hiburan, hingga dunia bisnis. Dalam media sosial, terdapat sebutan influencer
atau dapat disebut sebagai orang yang memiliki pengaruh terhadap pengikutnya.
Penelitian ini membahas tentang dampak influencer di media sosial Instagram
terhadap niat beli terutama advertising disclosure (pengungkapan iklan) serta
kredibilitas influencer. Kerangka yang diusulkan dalam penelitian ini yaitu advertising
disclosure memiliki dampak yang signifikan terhadap kredibilitas yang terdiri dari
daya tarik, kepercayaan, dan keahlian dan kredibilitas tersebut secara positif
memengaruhi niat beli konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
orang-orang yang mengetahui influencer Tasya Farasya dan menggunakan media
sosial Instagram dengan periode minimal 1 tahun. Data yang digunakan merupakan
data primer sebanyak 200 responden. Teknik pengambilan sample menggunakan
Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode SEM dan aplikasi AMOS
versi 22. Hasil penelitian menunjukkan semua hipotesis dapat diterima dan signifikan.
Advertising disclosure berpengaruh positif terhadap daya tarik, advertising disclosure
berpengaruh positif terhadap kepercayaan, advertising disclosure berpengaruh positif
terhadap keahlian, daya tarik berpengaruh positif terhadap niat beli, kepercayaan
berpengaruh positif terhadap niat beli, dan keahlian berpengaruh positif niat beli.
Berdasarkan penelitian ini, menyarankan arah penelitian lebih lanjut serta
menawarkan implikasi sehingga dapat memilih influencer yang tepat sebagai sarana
iklan produk. | en_US |