Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap, Norma Subyektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Ovo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi
kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, norma subyektif dan persepsi
kontrol perilaku terhadap minat penggunaan financial technology pada layanan OVO.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam
Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan
menggunakan kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan berasal dari 100 responden.
Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory
of Planned Behavior (TPB). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial
Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persepsi kegunaan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap penggunaan.
Sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan. Selain itu, sikap penggunaan dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh
positif signifikan terhadap minat penggunaan financial technology pada layanan OVO.
Sementara norma subyektif tidak perbengaruh signifikan terhadap minat penggunaan
financial technology pada layanan OVO.
Collections
- Akuntansi [4444]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Wahidatunnisa, Erina (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ...