Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Harga Emas Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas (Studi Kasus Di Pegadaian Syariah Dan Bsi Di Yogyakarta) “Influence Of Marketing Strategies And The Effect Of Prices On Community Interest In Using Gold Saving Products” (Case Study In Pegadaian Sharia And Bsi In Yogyakarta)
Abstract
Pertumbuhan perekonomian yang semakin berkembang juga membuat
manusia untuk dapat berpikir kedepan bagaimana cara agar dapat mengikuti arus
dan laju perkembangan perekonomian yang terjadi dengan beberapa cara yang
dapat di terapkan, salah satunya adalah investasi logam mulia. Salah satu tempat
untuk memulai investasi emas dalam bentuk tabungan emas yaitu Pegadaian
Syariah dan BSI. Tabungan emas adalah layanan dan penjualan emas dengan
fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan
kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Dalam mengembangkan tabungan
emas di lingkungan masyarakat dimana strategi pemasaran dan harga emas menjadi
hal terpenting dalam pemasarannya sehingga akan membentuk minat masyarakat
dalam pemakaian produk tersebut. Merujuk dari hal tersebut mempertanyakan
pengaruh strategi pemasaran dan harga emas pada produk tabungan emas terhadap
minat masyarakat di Pegadaian Syariah dan BSI di Yogyakarta. Penelitian
kuantitatif digunakan sebagai desain utama dengan mengambil sampel sebanyak
126 responden masyarakat yang berada di Yogyakarta dan dianalisis menggunakan
regresi linier berganda. Berdasarkan hasil data diketahui bahwa strategi pemasaran
tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat nasabah pegadaian syariah
dan BSI di Yogyakarta sedangkan pengaruh harga berpengaruh signifikan terhadap
minat masyarakat nasabah Pegadaian Syariah dan BSI di Yogyakarta.
Collections
- Islamic Economics [827]