Show simple item record

dc.contributor.authorDesandro, Muhammad Bobby
dc.date.accessioned2022-08-12T08:48:17Z
dc.date.available2022-08-12T08:48:17Z
dc.date.issued2021-01-21
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/38657
dc.description.abstractSeba Baduy merupakan salah satu event kebudayaan yang memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan dan harus dilestarikan bersama. Pemerintah daerah memiliki peran besar dalam menjaga keberlangsungan acara kebudayaan ini yang dapat dilakukan melalui promosi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam mempromosikan event wisata Seba Baduy. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian yaitu Dinas Pariwisata yang berlokasi di Kabupaten Lebak dalam mempromosikan Seba Baduy. Pengambilan data dilakukan pada akhir tahun 2020 dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber Kepala Bidang pemasaran ekonomi kreatif, ketua duta pariwisata daerah beserta duta wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam mempromosikan Seba Baduy yaitu melalukan promosi melalui berbagai media yang berfokus pada media sosial yang dikemas secara menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, Dinas Pariwisata juga melakukan promosi menggunakan komunikasi secara langsung melalui duta pariwisata atau biasa disebut dengan Saija Adinda, agar interaksi dua arah tetap berlangsung sehingga masyarakat menjadi lebih mengenal event tersebut maupun latar belakang kebudayaan yang berkaitan lainnya. Saija Adinda berperan penting dalam memasarkan event Seba Baduy karena dianggap sebagai agent of communication. Pemerintah daerah juga memposisikan Seba Baduy sebabai sebuah brand image yang diintegrasikan dengan tagline “Lebak Unique” dengan harapan Seba Baduy menjadi sebuah acara tahunan yang selalu dinanti dari suku Baduy. Melihat ini sebagai acara yang memiliki banyak potensi dan krusial, Dinas Pariwisata menggunakan berbagai sumber daya untuk melestarikan event kebudayaan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectSeba Baduyen_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.subjectEvent Wisataen_US
dc.subjectDestinasi Wisataen_US
dc.titleAnalisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduyen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record