Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduy
Abstract
Seba Baduy merupakan salah satu event kebudayaan yang memiliki potensi besar yang bisa
dikembangkan dan harus dilestarikan bersama. Pemerintah daerah memiliki peran besar
dalam menjaga keberlangsungan acara kebudayaan ini yang dapat dilakukan melalui
promosi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi
komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam mempromosikan event
wisata Seba Baduy.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian yaitu Dinas
Pariwisata yang berlokasi di Kabupaten Lebak dalam mempromosikan Seba Baduy.
Pengambilan data dilakukan pada akhir tahun 2020 dengan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber Kepala Bidang pemasaran
ekonomi kreatif, ketua duta pariwisata daerah beserta duta wisata.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata
Kabupaten Lebak dalam mempromosikan Seba Baduy yaitu melalukan promosi melalui
berbagai media yang berfokus pada media sosial yang dikemas secara menarik dan
mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, Dinas Pariwisata juga melakukan promosi
menggunakan komunikasi secara langsung melalui duta pariwisata atau biasa disebut dengan
Saija Adinda, agar interaksi dua arah tetap berlangsung sehingga masyarakat menjadi lebih
mengenal event tersebut maupun latar belakang kebudayaan yang berkaitan lainnya. Saija
Adinda berperan penting dalam memasarkan event Seba Baduy karena dianggap sebagai
agent of communication.
Pemerintah daerah juga memposisikan Seba Baduy sebabai sebuah brand image yang
diintegrasikan dengan tagline “Lebak Unique” dengan harapan Seba Baduy menjadi sebuah
acara tahunan yang selalu dinanti dari suku Baduy. Melihat ini sebagai acara yang memiliki
banyak potensi dan krusial, Dinas Pariwisata menggunakan berbagai sumber daya untuk
melestarikan event kebudayaan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini.
Collections
- Communication [943]